SYARAT DAN KETENTUAN UMUM
Daily Laundry
Dengan menyerahkan laundry ke Daily Laundry, maka pelanggan menyatakan tunduk dan patuh terhadap peraturan yang berlaku di Daily Laundry. Seluruh transaksi yang dilakukan Daily Laundry, baik transaksi langsung di Outlet ataupun di-pick up di lokasi pelanggan dan juga Self Service, dilaksanakan berdasarkan Syarat & Ketentuan yang telah diatur dalam halaman ini.
Syarat & Ketentuan merupakan dasar yang mengikat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perjanjian atau ketentuan tertulis lainnya.
Daily Laundry tidak dapat dibebani dengan perjanjian lain selain yang ditulis dalam Syarat & Ketentuan ini kecuali dengan perjanjian tertulis dan ditandatangani oleh Manajemen Daily Laundry yang berwenang yang bertindak untuk dan atas nama Daily Laundry.
Semua syarat dan ketentuan yang terdapat di halaman ini bersifat mengikat. Kelalaian pihak Pelanggan karena tidak membaca aturan yang ada secara cermat tidak membuat pengecualian terhadap berlakunya aturan yang telah ditetapkan.
ATURAN TRANSAKSI
- Transaksi laundry bisa dilakukan di Outlet Daily Laundry (drop-off) atau di rumah Pelanggan (pick-up) dan juga Self Service.
- Sebelum transaksi Pelanggan akan diminta data :
- Nama Pelanggan (terdiri dari 2 kata)
- Nomor HP/WA Pelanggan
- Alamat Lengkap Pelanggan
- Khusus pemesanan untuk pick-up, Pelanggan wajib shareloc Lokasi pengambilan pakaian melalui WA.
- Minimal transaksi laundry kiloan adalah 3 kg. Minimal transaksi satuan adalah senilai harga 3 kg laundry kiloan.
- Kasir/Petugas Delivery akan menghitung jumlah pakaian/laundry-an dari Pelanggan, lalu menimbang berat/mengukur luas untuk karpet & sejenisnya setelah sampai di outlet (untuk yang di pick-up).
- Pelanggan diminta untuk ikut menghitung jumlah pcs pakaian yang akan dilaundry. Jika Pelanggan tidak mau ikut menghitung jumlah pakaiannya, maka perhitungan dari Kasir/Petugas Delivery yang dianggap benar.
- Pelanggan melakukan pembayaran di muka pada saat terima nota dengan berbagai pilihan cara pembayaran yang tersedia. Khusus untuk barang yang di pick-up pembayaran dilakukan saat pemesanan awal dengan cara pembayaran NON TUNAI.
- Pelanggan akan mendapatkan struk invoice/nota transaksi, dengan rincian transaksi (jumlah item pakaian, total kg dan total pembayaran), bisa berupa print out ataupun invoice online yang akan dikirimkan ke nomor WA Pelanggan yang sudah terdaftar.
- Melalui invoice online, Pelanggan dapat melihat status progress penanganan laundry nya.
- Jika Pelanggan tidak diberikan struk invoice/nota transaksi printout ataupun via WA dari nomor Admin Daily Laundry setelah melakukan pembayaran, maka Pelanggan berhak mengklaim hadiah GRATIS LAUNDRY 5 kg.
- Untuk Laundry Self Service,
- Penerimaan Layanan Self Service paling lambat pukul 17:30 WIB
- Pelanggan menggunakan Mesin Cuci dan Mesin Pengering sesuai dengan arahan dari Kasir.
- Pelanggan menggunakan detergen dan juga softener/sour sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Kasir.
- Pelanggan mengoperasionalkan sendiri Mesin Cuci dan juga Mesin Pengering sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Kasir
- Pelanggan melipat dan packing sendiri di tempat yang telah disediakan dan menggunakan plastik packing sesuai arahan dari Kasir
- Selama menunggu proses pencucian, Pelanggan dilarang merokok di ruang tunggu.
- Tersedia minuman dingin yang bisa dibeli selama menunggu proses pencucian.
- Pakaian yang luntur/baju putih (berwarna terang) disarankan untuk dicuci menggunakan layanan Laundry Satuan (bukan Kiloan) atau dipisahkan terlebih dahulu sebelumnya agar bisa dipisah nota, sehingga pengerjaannya akan terpisah.
- Pelanggan WAJIB melakukan pengecekan item yang akan dilaundry, terutama untuk layanan kiloan. Apabila tidak ada informasi bahwa laundry membutuhkan perhatian khusus, maka kami tidak bertanggung jawab terhadap resiko yang terjadi.
- Kerusakan, kelunturan, penyusutan pakaian yang disebabkan dari sifat bahan diluar tanggung jawab kami.
- Untuk Laundry Kiloan semua pakaian kami perlakukan sama. Prinsip laundry kiloan adalah pakaian yang dipakai sehari-hari.
- Item Laundry yang tidak dapat dicuci dan dikeringkan dengan mesin tidak diperbolehkan dimasukan ke dalam layanan kiloan. Segala resiko yang timbul akibat kesalahan layanan tidak menjadi tanggung jawab kami.
- Pembatalan hanya bisa dilakukan sebelum bagian produksi memproses paket laundry.
- Pembatalan akan dikenakan biaya Rp 10.000 per nota. Dan dikenakan biaya kirim bila paket laundry diminta untuk dikirimkan kembali kepada pelanggan, sebesar Rp. 4.000 per km nya.
- Pengambilan yang dilakukan di outlet harus menggunakan nota fisik asli ataupun nota online Laundry yang sebelumnya dikirim via WA dari Admin Daily Laundry.
- Apabila pengambilan dilakukan oleh orang yang berbeda, maka orang yang mengambil tersebut WAJIB memberikan informasi data diri (nama, no KTP, no HP/WA, Alamat) dan akan kami photo fisik & wajah untuk kami konfirmasi dulu ke Pelanggan via WA.
- Kami berhak menolak pengambilan apabila tidak memenuhi syarat dan ketentuan di atas.
- Laundry yang tidak diambil selama 1 (satu) bulan, jika ada kerusakan/kehilangan bukan tanggung jawab kami. Dan pelanggan akan dikenakan biaya titip sebesar Rp 50.000 per bulan.
- Pengaduan komplain dilayani maksimum 1x24 jam dari tanggal pengambilan.
- Jika Pelanggan menemukan pakaian yang bukan milik Pelanggan dalam layanan Laundry Kiloan, silakan dikembalikan ke Daily Laundry untuk ditukar dengan hadiah VOUCHER GRATIS Laundry layanan CKS Reguler 2 kg untuk setiap pakaian yang dikembalikan.
LAYANAN SATUAN & KILOAN
- Layanan kiloan umumnya hanya berlaku untuk baju dan item laundry yang biasa digunakan sehari-hari dan tidak membutuhkan perlakuan khusus dalam proses membersihkannya. Contohnya seperti noda darah, karat, tinta, jamur dan noda bandel lainnya yang di luar batas standar spotting cuci kiloan, berikut juga dalam proses packingnya sesuai SOP yang berlaku tidak bisa dipacking sesuai keinginan tersendiri, kecuali sebelumnya sudah disortir/dipisahkan dulu sebelum diserahkan ke outlet/kurir delivery agar di buat nota terpisah.
- Sprei, Bed Cover, Selimut dan item sejenis lainya yang membutuhkan penanganan akan dimasukkan ke layanan satuan dan atau akan ada penambahan biaya tertentu jika terdapat noda bandel: darah, tinta, jamur, karat, dll yang memerlukan bahan kimia/anti noda khusus. Pelanggan WAJIB memberitahukan sebelumnya.
- Semua item laundry berbahan dasar kulit, baik sintetis maupun asli, belum dapat kami terima, kecuali atas permintaan mendesak dan memahami resiko yang mungkin terjadi, yang di luar tanggung jawab kami
- Semua item laundry dengan harga diatas RP 200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah) dan membutuhkan penanganan khusus, seperti bahan tipis, bahan mudah melar, mudah susut, luntur dan lainnya harus masuk ke dalam layanan satuan.
- Item dengan bahan reguler namun membutuhkan perlakuan khusus seperti sablon mudah pecah, sablon glow in the dark, dan lainnya harap masuk ke dalam layanan satuan.
- Sebelum mengerjakan layanan satuan, kami selalu memastikan pengerjaan yang ada sesuai dengan standar pengerjaan yang disarankan sebagai mana mestinya. Bila tidak ada petunjuk yang terdapat di label baju/saran sebelumnya, kami akan mengerjakan sesuai dengan SOP yang berlaku.
- Apabila pelanggan memiliki informasi khusus terkait penanganan laundry, terutama yang di luar standar penanganan, maka pelanggan wajib memberikan informasi tersebut kepada pihak kami. Kegagalan dalam penyampaian informasi sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan bukan menjadi tanggung jawab kami.
- Kerusakan akibat sifat dasar bahan seperti mudah susut, luntur dan lainnya, yang mana tidak ada informasi sebelumnya, bukan menjadi tanggung jawab kami.
- Semua item kiloan dicuci, dikeringkan dan disetrika dengan mesin yang sudah terstandard dan dilakukan 1 mesin 1 pelanggan
- Laundry dari pelanggan tidak kami campur dengan pelanggan lainya, proses kami lakukan satu-satu tiap customer (per nota)
- Khusus untuk laundry kiloan yang dijemput. Bila saat penjemputan belum disortir, dan di Outlet ditemukan adanya item laundry yang seharusnya masuk ke dalam kategori layanan satuan namun dimasukan ke layanan kiloan. Maka kami akan mengkonfirmasikan terlebih dahulu ke Pelanggan sebelum mengerjakan laundry yang dimaksud. Dan bila Pelanggan ingin dikirimkan kembali, maka akan dikenakan biaya kirim dalam proses pengiriman kembalinya jika tidak ada rute kirim yang sama ke tempat/rumah yang sama. Biaya pengiriman kembali adalah sebesar Rp. 4.000 per km nya.
- Pilihan waktu pengerjaan layanan Kiloan dan Satuan:
Khusus untuk Layanan Kiloan : CKS, CKL, Setrika, Kering
Khusus untuk Layanan Satuan : Bantal, Boneka, Gorden, Karpet, Kasur, Koper, Sepatu, Stroller, Tas, Tenda, Tikar
REGULER : 3 hari = 3x12 jam kerja
EXPRESS : 1 hari = 1x12 jam kerja
KILAT : 6 jam kerja
(jika orderan diterima lebih dari jam 14:00, maka akan selesai hari berikutnya)
(jika orderan diterima lebih dari jam 14:00, maka akan selesai hari berikutnya)
SUPER KILAT : 3 jam kerja
(jika orderan diterima lebih dari jam 17:00, maka akan selesai hari berikutnya)
Khusus untuk Layanan Satuan : Bantal, Boneka, Gorden, Karpet, Kasur, Koper, Sepatu, Stroller, Tas, Tenda, Tikar
REGULER : 6 hari = 6x12 jam kerja
EXPRESS : 2 hari = 2x12 jam kerja
KILAT : 1 hari = 1x12 jam kerja
Khusus untuk Layanan Satuan lainnya :REGULER : 3 hari = 3x12 jam kerja
EXPRESS : 1 hari = 1x12 jam kerja
KILAT : 6 jam kerja
(jika orderan diterima lebih dari jam 14:00, maka akan selesai hari berikutnya)
(jika orderan diterima lebih dari jam 14:00, maka akan selesai hari berikutnya)
- Tidak semua layanan satuan/kiloan dapat kami kerjakan exprees, kilat & super kilat. Hal ini bergantung pada jenis bahan Laundry harap kordinasi dengan admin/pihak Outlet terlebih dahulu
ATURAN PICK UP DAN DELIVERY - LAYANAN ANTAR JEMPUT
- Biaya antar-jemput dengan jarak dari Outlet berlaku sebagai berikut :
- gratis untuk jarak pengantaran radius 3 km
- biaya untuk radius lebih dari 3 km adalah Rp 4.000 per kelebihan km nya.
- pelanggan wajib memberikan titik lokasi /alamat/patokan agar dapat dihitung jarak pastinya via Google Maps dan untuk tracking kurir delivery Daily Laundry
- Ketentuan waktu pickup & delivery :
- Jadwal Pick Up & Delivery adalah pukul 08:30 - 17.00 WIB setiap harinya.
- Kami akan menyesuaikan waktu pickup & delivery sesuai antrian dan waktu estimasi selesai di nota
- Apabila sudah melebihi jam operasional maka akan dilakukan besoknya di jam operasional
- Minimal pakaian yang bisa kami pickup / delivery untuk layanan laundry kiloan adalah 3 kg. Dan untuk layanan Satuan adalah senilai harga 3 kg laundry kiloan.
- Sebelum kurir berangkat kami akan menunggu konfirmasi chat terlebih dahulu dari Pelanggan menyesuaikan dengan permintaan agar bertepatan dengan penerima paket laundry / penghuni rumah
- Jika saat kurir sampai tidak ada pemilik atau tidak ada respon, maka kurir akan membawa/mengulang kembali di jam berikutnya
- Pengiriman berulang akan dikenakan biaya ongkir tambahan dengan tarif Rp. 4.000 per km nya.
- Permintaan pelanggan akan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ada sebelumnya
- Pilihan waktu paket service menunjukan waktu selesai pengerjaan laundry, bukan waktu sampai ke pelanggan. Semisal Paket Cuci 6 Jam, berarti waktu pengerjaan pakaian sampai selesai adalah 6 jam. Kami akan memberikan prioritas waktu pengiriman kepada service kilat & express. Namun waktu sampai ke tangan pelanggan akan sangat bergantung pada kondisi pengiriman.
- Perhitungan waktu service, dihitung dari diterimanya laundry oleh pihak Outlet.
- Untuk Layanan Express 1 hari bukan layanan 24 Jam. Batas maksimal pengiriman layanan 1 hari adalah H+1 dari diterimanya laundry oleh pihak workshop
- Apabila butuh pickup atau delivery diluar jam normal (08:30-17:00), bisa dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Admin Daily Laundry. Jika bisa dilakukan, maka akan ada biaya pengantaran sebesar Rp. 10.000 per sekali jalan.
PENGADUAN DAN GANTI RUGI
ATURAN UMUM
- Pengaduan pelanggan akan diproses maksimal 1×24 jam setelah laundry diambil/diterima, pengaduan lebih dari 1x24 jam tidak ada klaim ganti rugi.
- Komplain tetap diterima selama 3 hari dari sejak tanggal pesan tanpa ada klaim ganti rugi, hanya sebatas untuk memberikan bukti yang ada dari awal pendataan nota fisik & data di aplikasi berikut rekaman CCTV (jika ada)
- Pengaduan harus disertai nota asli (fisik dan/atau online dari link WA) dan bukti yang mendukung. Tanpa adanya dua hal tersebut, maka komplain yang diajukan pelanggan akan ditolak.
- Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang timbul akibat bencana alam atau force majeure
- Perselisihan dan wanprestasi akan diselesaikan terlebih dahulu dengan musyawarah/kekeluargaan.
KELUNTURAN PAKAIAN
- Kami tidak bertanggung jawab atas pengaduan kelunturan pakaian yang sudah terjadi sebelum proses pencucian.
- Kami tidak bertanggung jawab atas terjadinya kelunturan pakaian jika tidak ada pemberitahuan mengenai adanya pakaian yang berpotensi luntur.
- Jika ada pemberitahuan mengenai adanya pakaian yang berpotensi luntur, maka pakaian tersebut wajib dimasukkan ke dalam layanan laundry satuan atau dikerjakan secara terpisah dengan tambahan biaya tersendiri.
- Kami memiliki teknik khusus dalam mencuci pakaian luntur agar tidak semakin luntur, tetapi kami tidak bertanggung jawab terhadap semakin lunturnya pakaian akibat sifat asli bahan.
- Pakaian yang kelunturan oleh karena kelalaian kami akan segera diobati untuk dihilangkan kelunturannya. Jika pakaian yang kelunturan tersebut tidak mampu kami obati, maka kami akan menanggung ganti rugi atas pakaian tersebut.
- Pengobatan pakaian yang kelunturan karena tidak adanya informasi dari pihak pelanggan, adalah semata bentuk niat baik dari kami. Hasil akhir dari proses pengembalian warna yang ada bukan merupakan tanggung jawab kami.
- Biaya ganti rugi atas pengaduan kelunturan pakaian yang disebabkan oleh kelalaian kami adalah separuh dari harga beli pakaian (yang harus ditunjukkan dengan nota pembelian) dan tidak lebih dari Rp75.000. Jika pelanggan tidak dapat menunjukkan nota pembelian, maka biaya ganti rugi akan dihitung dengan cara ditaksir dari pihak kami. Pelanggan hanya diperkenankan memberikan masukan taksiran mengenai harga beli pakaian tersebut.
KERUSAKAN PAKAIAN
- Kami tidak bertanggung jawab atas pengaduan kerusakan pakaian yang sudah terjadi sebelum proses pencucian atau sifat dasar bahan.
- Pengaduan kerusakan pakaian yang menjadi tanggung jawab kami adalah kerusakan pakaian akibat proses pencucian, pengeringan, dan penyetrikaan dengan kelalaian kami
- Pelanggan wajib memberitahukan kepada kami, bila ada pakaian yang membutuhkan perhatian khusus. Tidak adanya pemberitahuan di awal, akan melepaskan kami dari segala tanggung jawab terhadap kerusakan yang terjadi pada pakaian.
- Pakaian berbahan tipis atau mahal (harga di atas Rp200.000) DILARANG dimasukkan ke dalam layanan Laundry Kiloan karena kami tidak bertanggung jawab atas pengaduan kerusakan pakaian tersebut.
- Pakaian berbahan tipis atau mahal WAJIB dimasukkan ke dalam Laundry Satuan.
- Untuk Laundry Kiloan, kerusakan pakaian akibat kelalaian kami, akan kami ganti sebesar jasa Laundry Kiloan dibagi jumlah pakaian, dikali jumlah pakaian yang rusak / hilang, lalu dikali 10, dengan nominal maksimal sebesar Rp. 100.000,-
- Untuk Laundry Satuan, kerusakan pakaian akibat kelalain kami, akan kami ganti senilai 10 kali dari harga jasa Laundry Satuan.
KEHILANGAN
- Kehilangan harus dibuktikan dengan tanda terima dari kurir saat penjemputan atau struk kasir saat penyerahan laundry di Outlet yang mencantumkan detail item yang diklaim hilang.
- Untuk Laundry Kiloan Kami tidak bertanggung jawab atas pengaduan kehilangan pakaian, jika pakaian tidak ada perhitungan total pcs di muka/aplikasi/chat
- Untuk Laundry Kiloan, kehilangan pakaian akibat kelalaian kami, akan kami ganti sebesar jasa Laundry Kiloan dibagi jumlah pakaian, dikali jumlah pakaian yang rusak / hilang, lalu dikali 10, dengan nominal maksimal sebesar Rp. 100.000,-
- Untuk Laundry Satuan, kehilangan pakaian akibat kelalain kami, akan kami ganti senilai 10 kali dari harga jasa Laundry Satuan.